Sunday, January 15, 2012

Cari Pasta Gigi Tanpa Fluoride? Ada... (bukan iklan)

setelah follow twitter dr. Bram Irfanda (@dr_BramIrfanda), jadi parno pake pasta gigi yang berfluoride. Demikian copas dari beliau:

...buku karya Jerry D. Gray berjudul "Deadly Mist". Disebutkan, dalam buku tersebut dibahas mengenai Fluoride, zat kimia yang ada di pasta gigi.

Fluoride, yg selama ini digembar gemborkan baik untuk gigi dan terdapat didalam setiap pasta gigi, ternyata melalui berbagai penelitian yang dapat dipercaya dari berbagai belahan dunia terbukti menunjukkan fakta yg sebaliknya:

- Fluoride digunakan sebagai bahan aktif pada beberapa pestisida dan obat tikus
- Fluoride terbukti menurunkan IQ (kecerdasan)
- Fluoride juga diduga merusak otak janin, kemampuan belajar dan daya ingat. Menurut US National Research Council baru-baru ini, Fluoride merusak fungsi otak
- Fluoride pada tulang dapat meningkatkan resiko patah tulang karena menurunkan masa tulang
- Fluoride juga diduga menyebabkan kanker kandung kemih dan kanker tulang. Menurut US National Research Council, Fluoride diduga kuat merupakan faktor resiko kanker kandung kemih
- Menurut the National Toxicology Program, Fluoride terbukti merupakan senyawa mutagenik yang dapat merusak gen. Bila gen rusak karena Fluoride bisa timbul kanker, penyakit genetik, penyakit imunitas seperti lupus dsb.
- Fluoride juga terbukti merusak sel pelapis lambung bila termakan.
- Menurut US National Research Council, Fluoride menurunkan fungsi kelenjar tiroid yang menyebabkan hipotiroid
- Fluoride juga terbukti merusak ginjal dan kelenjar pineal


Jeng jrenggg... langsung deh riset kecil2an, pasta gigi apa di pasaran yang tidak mengandung Fluoride?
* Gosipnya Enzim pasta gigi anaknya ngga mengandung fluoride. Emang di bungkus depannya ngga ditulis "Fluoride", tapi begitu cek ingredientsnya ternyata ada lho:




ngga jadi beli deh.

* berikutnya semua pasta gigi anak gue cek, dan semua ada. Penulisannya Sodium Monofluoride atau Sodium Fluoride (sama aja). Pepsodent, Zwitsal, Cussons, Kodomo... Semua ada deh pokoknya. Bete deh :(

* Mustika Ratu - siangnya waktu berkunjung ke rumah nyokap, ketemu pasta gigi ini di wastafel beliau. Wah! setelah baca ingredientsnya ternyata bagus, ngga mengandung fluoride!



Kalau ngga jelas:
Komposisi:
Piper Betle Extract 5%, Aquademin, Sorbitol, Sodium Lauryl Ether Sulphate, Glycerin, Carrageenan, Sodium Saccharin, Silicone Dioxide, Menthol, Peppermint Oil, Potassium Sorbate, CI 42090 (pewarna brilliant blue), CI 77492 (pewarna kuning).

Akhirnya ada juga odol tanpa fluoride :)
walaupun aman buat orang dewasa, tapi buat anak2 yang belum bisa spit jangan dulu deh, takut tertelan ada deterjennya (SLES) dan pewarna :)

2 comments:

Unknown said...

Memang ada dan banyak di masa sekarang pasta gigi bebas fluoride, bahkan sekarang para produsen telah ber inovasi mengganti kandungan gula dengan memakai isomalt ( pemanis bebas gula ) . Contohnya Clean Me. Fluoride berbahaya bagi tubuh jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Lebih baik dari sekarang sudah dihindari.

Unknown said...

Mas klo siwak f gimana? Soalnya yg mustika ratu banyak banget komposisinya jadi takut ada lagi yg bahaya